Sabtu, 28 Mei 2011

Download Modul Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) 
Standar Kompetensi : Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja



Deskripsi:


Sikap dan tindakan untuk keselamatan kerja dengan jalan mencegah    terjadinya kecelakaan pada waktu bekerja diruang kerja, di bengkel atau dilapangan kerja pada umumnya merupakan suatu keharusan. Tidak seorangpun yang menginginkan suatu kecelakaan menimpa dirinya, apalagi sampai menyebabkan cidera. Kecelakaan merupakan gangguan yang menghilangkan, setidak-tidaknya menghambat atau merugikan investasi, rencana kerja, dan juga rencana hasil kerja. 

Dalam industri modern dewasa ini yang rumit dan pelik penyelenggaraannya, kecelakaan dalam perusahaan dan penghindarannya tidak dapat diabaikan begitu saja. Program penghindaran kecelakaan dapat berbeda menurut jenisnya ; misalnya pada suatu tempat kerja tertentu harus ada alat pelindung pada mesin dan instrumen, sedangkan ditempat lain harus ada penerangan, ventilasi. Setiap program mempunyai unsur-unsur dasar yang harus dilaksanakan.

Suatu perusahaan yang aman adalah perusahaan yang teratur dan terpelihara baik, sehingga cepat menjadi terkenal sebagai tempat bekerja yang baik. Dalam perusahaan yang demikian akan terjamin adanya sikap dan perlakuan yang baik dari pimpinan terhadap pekerjanya, dan akibatnya perusahaan ini akan dapat penilaian yang baik dari masyarakat.  

Suatu hal yang luar biasa ialah bahwa program keselamatan kerja yang baik adalah sedemikian terpadu dengan pekerjaan sehari-hari (rutin) dalam perusahaan, sehingga sukar untuk dipisahkan satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat wajar, karena perusahaan yang bekerja efisien adalah sama dengan bekerja dengan aman. Modul ini dimaksudkan untuk memberi bimbingan kearah pencegahan kecelakaan pada waktu kita bekerja, pertolongan pertama pada kecelakaan dan tata laksana bengkel untuk program diklat Mekanik Otomotif, ditambah dengan dengan peralatan listrik  yang diperlukan.


Selengkapnya silahkan klik link download di bawah ini:
KK3 Modul K3LTK -- 792 KB

Artikel Terkait:

5 komentar:

Boga modul naon deui ris???

Aya Om... sok atuh butuh na naund...?

Geulueh..., Saha deui nu kawin jeung Tante ente.
Boga New Step nu Soft Copy.

Maksudna..maneh disebut om ku budak urang..nya maenya titah nyebut aki ka ente...
aya, tapi kudu diteang hela dina cd..
mun teu salah mah..

punten kang,koq gak bsa didunload yah..

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites